Kurniawan, Adi (2021) Pengaruh Sikap Disiplin terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV di SDN Klampar 3 Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
AdiKurniawan_20170701051003_cover_PGMI.pdf Download (80kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_lembar_persetujuan_pembimbing_PGMI.pdf Download (126kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf Download (189kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_Abstrak_PGMI.docx Download (19kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_Daftar_isi_PGMI.pdf Download (41kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_BAB I_PGMI.pdf Download (238kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_BAB IV_PGMI.pdf Download (537kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (96kB) |
|
Text
AdiKurniawan_20170701051003_surat_pernyataan_keaslian_karya_dan_persetujuan_publikasi_PGMI.pdf Download (218kB) |
Abstract
Kata Kunci :Sikap Disiplin, Hasil Belajar Sikap disiplin merupakan sikap yang dilakukan oleh individu secara terus menerus kemudian menjadi kebiasaan untuk selalu menaati peraturan. Sikap disiplin penting ditanamkan dalam kegiatan proses pembelajaran karena, sikap disiplin mengartikan bahwa seorang siswa sudah siap mengikuti segala proses pembelajaran. Hasil belajar merupakan hasil tolak ukur dalam proses pembelajaran. Hasil belajar diukur dengan adanya ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Tujuan dari penelitian ini yakni pertama, untuk mengetahui pengaruh dari sikap disiplin terhadap hasil belajar siswa kedua, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sikap disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa di SDN Klampar 3 Proppo Pamekasan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus yang digunakan adalah product moment dan instrument penelitian yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh pertama, nilai “r” kerja dibandingkan dengan nilai “r” tabel. Diketahui nilai “r” tabel pada N=13 terhadap interval kepercayaan 95% sebesar 0,553. Dari hasil analisis tersebut, maka hasil yang diperoleh nilai “r” kerja 0,559 lebih besar dari nilai “r” tabel product moment, maka dari hasil penelitian tersebut dinyatakan ”ada pengaruh”. Kedua, besar pengaruh sikap disiplin terhadap hasil belajar siswa adalah berdasarkan analisis data pada tabel interprestasi product moment bahwa “r” kerja 0,559 berada diantara 0,40-0,70. Maka dari itu, besar pengaruhnya adalah “sedang atau cukup”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71H ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 03:01 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 03:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2536 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |