Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Menggunakan Media Audio Visual di SMK Sumber Bungur Pakong Pamekasan

Damanhuri, Didin (2021) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Menggunakan Media Audio Visual di SMK Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_COVER_BKPI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_HALAMAN PERSETUJUAN_BKPI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_ABSTAK_BKPI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_DAFTAR ISI_BKPI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_BAB I_BKPI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_BAB IV_BKPI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_DAFTAR PUSTAKA_BKPI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Didin Damanhuri_20170701091024_LAMPIRAN_BKPI.pdf

Download (639kB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Layanan Informasi, Media Audio Visual Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi yang dimiliki sebagian siswa halnya dalam pelajaran yaitu kurang fokus ketika guru menjelaskan, tidak mengerjakan tugas atau memperlambat pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru mapel sehingga dapat mengganggu terhadap perkembangan kognitif dan juga moralitas siswa tersebut kurang baik. Maka dari itu peran dari guru sangat dibutuhkan dalam memberikan upaya terhadap hal tersebut melalui pemberian layanan informasi dengan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, gambaran motivasi belajar siswa di SMK Sumber Bungur Pakong Pamekasan, kedua, gambaran layanan informasi dengan menggunakan media audio visual untuk meningkat motivasi belajar siswa di SMK Sumber Bungur Pakong Pamekasan, ketiga, faktor penghambat dalam penerapan layanan informasi dengan menggunakan media audio visual untuk meningkat motivasi belajar siswa di SMK Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMK Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Gambaran motivasi belajar siswa di SMK Sumber Bungur Pakong secara garis besar bisa dikatakan cukup baik, namun ada juga beberapa siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah dan apabila ini dibiarkan bisa saja menular kepada siswa yang memilioki motivasi belajar yang baik. Kedua, Penerapan layanan informasi dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu guru BK melakukan kegiatan tersebut dengan beberapa tahapan sebagaimana berikut: a). Tahapan pertama, guru BK melakukan tahapan perencanaan dengan menentukan sasaran layanan sesuai dengan yang dibutuhkan siswa b). Tahapan kedua yaitu kegiatan pemberian layanan informasi dengan media audio visual yang dilakukan dengan menyampaikan materi pentingnya memiliki motivasi dalam belajar dengan menggunakan media gambar bersuara dan dalam bentuk film dokumenter seorang tokoh, c). Tahapan ketiga adalah evaluasi dan tindak lanjut. Ketiga faktor antara lain: (a) perbedaan karakter siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, b). Tidak adanya jadwal khusus bagi guru BK sehingga guru BK mengalami kesulitan ketika ingin memberikan bimbingan di dalam kelas dan guru BK harus mencari jam kosong atau meminta jam terhdap guru mata pelajaran yang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:08
Last Modified: 11 Apr 2022 03:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2619

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item