Waskiyah, Mila (2021) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Anggota Produk Pembiayaan Rahn (Gadai) di KSPP. Syariah BMT NU (Nuansa Umat) Cabang Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_Cover_PBS.pdf Download (111kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_Lembar Persetujuan Pembimbing_PBS.pdf Download (111kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_Lembar Pengesahan_PBS.pdf Download (162kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_Abstrak_PBS.pdf Download (8kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_Daftar Isi_PBS.pdf Download (15kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_BAB I_PBS.pdf Download (280kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_BAB IV_PBS.pdf Download (618kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_Daftar Pustaka_PBS.pdf Download (132kB) |
|
Text
Mila Waskiyah_20170703022122_Surat Pernyataan Keaslian Karya dan Persetujuan Publikasi_PBS.pdf Download (19kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Minat Anggota dan Produk Pembiayaan Rahn (Gadai). KSPP Syariah BMT NU (Nuansa Umat) merupakan lembaga keuangan mikro syariah lahir berangkat dari sebuah keprihatinan atas kondisi masyarakat Sumenep pada umumnya dan masyarakat Gapura pada khususnya. Perkembangannya terus mengalami kemajuan, maka dari itu untuk tetap mempertahankan eksistensi yang baik memerlukan strategi untuk bersaing dengan lembaga keuangan mikro syariah yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan minat anggota produk pembiayaan Rahn (Gadai) di KSPP. Syariah BMT NU (Nuansa Umat) Cabang Tlanakan Pamekasan, untuk mengetahui apa kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan KSPPS. Syariah BMT NU (Nuansa Umat) Cabang Tlanakan Pamekasan dalam menerapkan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui empat alur: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui tiga teknik: perpanjangan kekikutsertaan, ketekunan pengamat, serta triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan minat anggota produk pembiayaan Rahn (Gadai) yang digunakan di KSPP. Syariah BMT NU (Nuansa Umat) Cabang Tlanakan adalah personal selling (penjualan tatap muka) dengan menggunakan pendekatan persuasif, kendala yang dihadapi adalah adanya competitor lain yang juga memasarkan produk pembiayaan rahn (gadai), minimnya pengetahuan masyarakat, dan wilayah pemasaran yang sulit dijangkau. Adapun upaya yang dilakukan adalah memiliki SDM yang cakap dan berkualitas, berlabel syariah, dan memperluas wilayah pemasaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:44 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 04:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3805 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |