Strategi Pemasaran Pembiayaan Produk Program Haji Prohajj Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep

FIRDAUS, IKBAL (2023) Strategi Pemasaran Pembiayaan Produk Program Haji Prohajj Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19383021152_SAMPUL.pdf

Download (214kB)
[img] Text
19383021152_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
19383021152_HALAMAN PENGENSAHAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
19383021152_ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
19383021152_DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
19383021152_BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
19383021152_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
19383021152_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
19383021152_BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
19383021152_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
19383021152_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text
19383021152_SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (187kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Produk Program Haji Prohajj, Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk pembiayaan multiguna prohajj telah mendapat persetujuan dari pihak Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI. Fokus produk ini adalah pembiayaan dengan skema porsi haji aplikasi maupun link yang nantinya akan dikirimkan ke masyarakat atau nasabah. Dengan kata lain harus memenuhi persyaratan yang ada. Segmen pembiayaan ini menyasar nasabah yang bertugas pegawai, baik itu keryawan tetap hingga yang bukan menjadi karyawan tetap. Terdapat empat fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana strategi pemasaran pembiayaan prohajj di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep, kedua faktor apa saja yang mendukung penerapan strategi pemasaran pembiyaan Prohajj dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep, ketiga faktor apa saja yang menghambat penerapan strategi pemasaran pembiayaan Prohajj dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep, keempat bagaimana dampak strategi pemasaran pembiayaan Prohajj dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuaitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan skunder. Prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta pengecekan keabsahan data dilakukan mealui terianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh pihak Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk Prohajj adalah dengan cara menjalin hubungan atau silaturrahmi dengan lembaga-lembaga dan tokoh-tokoh masyarakat, menggunakan sistem jemput bola atau terjun langsung ke lapangan, menawarjan bonus atau reward bagi setiap nasabah berupa discount atau promo dan voucer belanja dan juga pihak Bnak Muamalat menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix seperti place, product, price, promotion. Hal ini digunakan Bank Muamalat guna menarik minat masyrakat untuk menjadi nasabah dan menggunakan produk Prohajj

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:55
Last Modified: 22 Mar 2024 02:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5233

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item