Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Di MTS. 1 Putri Annuqayah Guluk-guluk Sumenep

Nabila, Labibatin (2023) Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Di MTS. 1 Putri Annuqayah Guluk-guluk Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_Cover_MPI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_Lembar Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_Lembar Pengesahan_MPI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_Abstrak_MPI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_BAB I_MPI.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_BAB IV_MPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_Daftar Pustaka_MPI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Labibatin Nabila_19381042048_Keaslian Tulisan_MPI.pdf

Download (238kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan Sarana Dan Prasarana, pendidikan Keterampilan, Kreativitas Siswa. Sarana dan parasarana menjadikan sekolah memilki kualitas tinggi baik dari bidang akademik maupun non akademik. Sarana dan prasarana pendidikan harus relevan dengan kebutuhan, maka perlu pengkajian lebih jauh tentang pengelolaan sarana dan prasarana, supaya visi dan misi dari sekolah tercapai sesuai dengan planning awal. Ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MTs. 1 Putri Annuqayah Guluk-guluk Sumenep?. Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MTs. 1 Putri Annuqayah Guluk-guluk Sumenep?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Madrasah, Waka Sarpras, waka kesiswaan, penanggung jawab pendidikan keterampilan dan siswa yang mengikuti pendidikan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, suatu pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan keterampilan yang di dalamnya ada beberapa kegiatan meliputi:1) Melakukan perencanaan yang matang agar dalam proses pengelolaan bisa berjalan dengan lancar, 2) Pengadaan sarana dan prasarana di lakukan dengan sangat hati-hati dan teliti, 3) Inventarisasi sarana dan prasarana yang cukup penting agar dapat tersusun secara sistematis, tertib dan teratur, 4) Penyimpanan sarana dan prsarana yang sudah diadakan sebelumnya, 5) Pendistribusian barang-barang disalurkan pada yang membutuhkan dan berdasarkan jadwal, 6) Pemeliharaan sarana dan prasarana keterampilan dilakukan agar barang-barang yang sudah di adakan tahan lama dan awet dan 7) Penghapusan sarana dan prasarana untuk pembebasan dari pertanggung jawaban. 8) Adanya sarana dan prasarana dapat meningkatkan kreativitas siswa yang mengikuti keterampilan Merajut, kerajinan tangan dan tata boga, mereka merespon positif yang sangat baik bahwa menurut mereka banyak memperoleh ilmu-ilmu baru dari mengikuti keterampilan tersebut. Kedua, Faktor pendukung dalam pengelolaan sarana dan prasarana keterampilan di MTs. 1 Putri Annuqayah yaitu: 1) guru/Pembina prakarya dan siswa bertanggung jawab dengan barangbarang yang diapakai. 2) Adanya Koordinasi yang baik dengan guru yang lain. 3) dari semangat anak-anak yang mengikuti pendidikan keterampilan dan dari Semua guru juga sangat memotivasi. 4) Adanya pendidikan keterampilan dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan sarana dan prasarana keterampilan,1) waka sarana dan prasarana memilki jam mengajar yang overloud, membuat pekerjaan sarana dan prasarana terbengkalai. 2) Dana sarana dan prasarana dari sekolah. 3) kurang aktivnya siswa dalam mengikuti pendidikan keterampilan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:59
Last Modified: 11 Jul 2024 02:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6174

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item