Optimalisasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Kurikulum Merdeka Melalui Pendekatan Saintifik Kelas X di MAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan

Nafilah, Anis Khofifatun (2024) Optimalisasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Kurikulum Merdeka Melalui Pendekatan Saintifik Kelas X di MAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_Sampul_MPAI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_Persetujuan.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_Pengesahan_MPAI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_Daftar Isi_MPAI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_Abstrak_MPAI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_BAB I_MPAI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_BAB II_MPAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_BAB III_MPAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_BAB IV_MPAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_BAB V_MPAI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_BAB VI_MPAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_Daftar Pustaka_MPAi.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_Pernyataan Keaslian_MPAI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_Lampiran_MPAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anis Khofifatun Nafilah_22380012010_Riwayat Hidup_MPAI.pdf

Download (90kB)

Abstract

Katakunci: pendekatan saintifik, kurikulum merdeka, fiqih Pendekatan saintifik merupakan pendekatan ilmiah dalam proses pembelajaran. MAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan adalah sekolah yang mengikuti kurikulum merdeka. Pendekatan saintifik diimplementasikan karena adanya kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah menengah, terutama dalam konteks kurikulum merdeka yang bertujuan meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan dengan pendekatan yang lebih kontekstual dan adaptif. Tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1) pelaksanaan pembelajaran fiqih berbasis kurikulum merdeka dengan pendekatan saintifik 2) peran guru dalam mengoptimalkan pembelajaran fiqih melalui pendekatan saintifik 3) hasil penggunaan pembelajaran fiqih melalui pendekatan saintifik. Sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, guru fiqih, dan siswa serta dokumen lain yang memuat informasi tentang pembelajaran fiqih berbasis kurikulum merdeka melalui pendekatan saintifik kelas X di MAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan. Kemudian proses analisis dilakukan dengan analisis data tunggal serta analisis multi situs. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan; 2) peran guru dalam mengoptimalkan pembelajaran yaitu sebagai fasilitator, desainer pembelajaran, mentor dan pembimbing; 3) hasil penggunaan pendekatan saintifik terlihat siswa lebih terlibat dalam pembelajaran, pemahaman siswa meningkat, serta lebih berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:05
Last Modified: 18 Jul 2024 08:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6800

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item