Febriyanti, Mediana (2024) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Strategi Active Learning pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII-B di SMP Negeri 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_SAMPUL_TIPS.pdf Download (73kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_LEMBAR PERSETUJUAN_TIPS.pdf Download (126kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_LEMBAR PENGESAHAN_TIPS.pdf Download (187kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_ABSTRAK_TIPS.pdf Download (11kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_DAFTAR ISI_TIPS.pdf Download (376kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_BAB I_TIPS.pdf Download (460kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_BAB IV_TIPS.pdf Download (555kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_DAFTAR PUSTAKA_TIPS.pdf Download (123kB) |
|
Text
MEDIANA FEBRIYANTI_20381082011_PERNYATAAN KEASLIAN _TIPS.pdf Download (188kB) |
Abstract
Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Strategi Active Learning, Mata Pelajaran IPS Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah guru masih menggunakan strategi ceramah yang menyebabkan siswa tidak tertarik mendengarkan dan membosankan. Sehingga hal tersebut membuat keaktifan siswa kelas VII-B rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan strategi active learning. Dimana dalam strategi active learning ini, siswa dituntut mampu meningkatkan keterampilan berfikir, memecahkan masalah dan komunikasi siswa. Tujuan penelitian ini: untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan keaktifan siswa melalui strategi active learning pada mata pelajaran IPS kelas VII-B di SMP Negeri 4 Pamekasan dan untuk membuktikan strategi active learning dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII-B di SMP Negeri 4 Pamekasan. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus (9 kali pertemuan) yang terdiri dari 4 tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pada siklus 1 hasil observasi keterlaksanaan sintaks strategi active learning yaitu 2,6 kategori cukup baik dan hasil observasi keaktifan siswa mecapai rata-rata 38% (cukup aktif). Pada siklus 2 hasil observasi keterlaksanaan sintaks strategi active learning yaitu 2,8 kategori cukup baik dan hasil observasi keaktifan siswa mencapai rata-rata 50% (cukup aktif). Karena hasil analisis siklus 1 dan 2 masih belum maksimal, jadi dilakukan siklus 3. Pada siklus 3 hasil analisis data keterlaksanaan sintaks strategi active learning mencapai 3,3 kategori baik dan hasil analisis data observasi keaktifan siswa mencapai rata-rata 65% (aktif). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi active learning mampu meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII-B di SMP Negeri 4 Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 01:37 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 01:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7463 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |