Qorib, Wasli (2022) Penerapan Kelas Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mi At-Taubah Desa Prajjan Camplong Sampang Dan Mi Miqthaful Ulum Desa Taddan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1 Wasli Qorib_18380011079_Cover_PAI.pdf.pdf Download (118kB) |
|
Text
Hal. Persetujuan.pdf Download (169kB) |
|
Text
Hal. Pengesahan.pdf Download (362kB) |
|
Text
6 Wasli qorib_18380011079_DAFTAR ISI_PAI.pdf.pdf Download (193kB) |
|
Text
5 Wasli Qorib_18380011079_Abstra_PAI.pdf.pdf Download (373kB) |
|
Text
7 Wasli Qorib_18380011079_BAB 1_PAI.pdf.pdf Download (258kB) |
|
Text
8 Wasli Qorib_18380011079_BAB 2_PAI.pdf.pdf Download (455kB) |
|
Text
9 Wasli Qorib_18380011079_BAB 3_PAI.pdf Download (237kB) |
|
Text
10 Wasli Qorib_18380011079_BAB 4_PAI.pdf Download (478kB) |
|
Text
11 Wasli Qorib_18380011079_BAB 5_PAI - Copy.pdf Download (302kB) |
|
Text
12 Wasli Qorib_18380011079_BAB 6_PAI.pdf Download (200kB) |
|
Text
13 Wasli Qorib_18380011079_Daftar Pustaa_PAI.pdf Download (301kB) |
|
Text
Hal. Keaslian.pdf Download (138kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kelas Literasi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Pada dua lembaga menyelenggarakan di dalam kelas terkait kegiatan membaca dalam mengatasi siswa yang merasakan kesulitan membaca, yakni kelas literasi, di dalam kelas tersebut siswa di fokuskan dalam kegiatan membaca. Dalam kegiatan tersebut terdapat guru yang memandu dan memantaunya, Sehingga peneliti tertarik terhadap fenomena yang terjadi diatas dengan judul Penerapan Kelas Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an di MI At-Taubah Prajjan Camplong Sampang Dan MI Miqthaful Ulum Taddan Camplong Sampang. Terdapat tiga fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: pertama Bagaiaman penerapan kelas literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di MI At-Taubah dan MI Miqthaful Ulum. Kedua Bagaimana factor pendukung dan penghambat dalam menerapkan kelas literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di MI At-Taubah dan MI Miqthaful Ulum. Ketiga, Bagaiamana hasil penerapan kelas literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di MI At-Taubah dan MI Miqthaful Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini di lakukan di MI At-Taubah dan MI Miqthaful Ulum Camplong Sampang, data yang di kumpulkan melalui wawancara yang mendalam, observasi langsung, serta dokumentasi di lapangan untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil dari peneitian adalah dengan di terapkan kelas literasi setiap guru menginginkan yang sesuai dengan tujuan program yang di inginkan dalam rangka membina dan menerapkan siswa untk lebih aktif, sebagaimana proses penerapan kelas literasi terhadap siswa dengan mengahsilkan hasil yang sangat baik dan memuaskan sesuai apa yang di harapkan sekolah, hasil tersebut terlihat oleh siswa yang sangat fashih dan lancar dalam membaca ayat-ayat suci al-Qur’an khususnya dari surah ad-Dhuha samapai an-Nas, selain fashih dan lancar sesuai dengan ilmu tajwid, terdapat juga bebebrapa siswa yang mampu menghafalnya dengan baik dan benar, serta siswa semakin di siplin dalam kegiatan keagamaan yang di terapkan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 02:22 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 02:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7710 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |