Kepemimpinan Transformasional Di SMA Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan

Susanti, Aan (2020) Kepemimpinan Transformasional Di SMA Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.pdf

Download (312kB)
[img] Text
pengesahan penguji.pdf

Download (387kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
pernyataan keaslian penulisan.pdf

Download (362kB)

Abstract

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasaional, Seorang pemimpin harus bisa menjadi pengayom bagi semua warga sekolah dan tanggung jawab dalam menjalankan semua tugas yang menjadi tugasnya dengan amanah dan jujur. serta kepala juga harus mampu memberikan nuansa baru bagi lembaga yang dipimpinnya agar menjadi lebih baik, kepala sekolah harus bisa membawa perubahan baru yang sesauai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Pemimpin yang membawa perubaru tersebut disebut dengan pemimpin trasformasional. Melaksanakan perubahan di lingkungan sekolah haruslah sesuai dengan nilai-nilai agama karena apabila seorang pemimpin melakukan perubahan tanpa melihat aspek nilai-nilai agama maka nantinya akan berdampak buruk bagi dirinya dan lemabanganya. Kepala sekolah atau pemimpin disini harus mampu memberikan inovasi atau perubahan, perubahan yang teradi tersebut harus bisa membawa nuansa baru. perubahan yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah menerapkan program kewirausahaan, yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang mandiri, sehingga lulusan atau tamatan sekolah tersebut siap bersaing di lingkungannya. Dengan fokus penelitian sebagai berikut; 1 Bagaimana peran kepemimpinan transformasional di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo, 2. Kendala apa saja yang dihadipi kepemimpinan transformasional di SMA Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo, 3. implementasi kepemimpinan transformasional di SMA Hidayatun Najah Desa Samiran Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, sedangkan pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif sedangkan objek penelitiannya adalah SMA Hidayatun Najah yang terletak di desa samiran kecamatan proppo kabupaten pamekasan, teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu wawancara tak terstruktur, observasi partisipasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian fokus pertama sebagai berikut;a) kepala sekolah di hidayatun najah memang sudah mengadakajjn koordinasi yang baik dengan bawahanya dengan cara mengadakan forum atau rapat, dan sering setiap ada ide-ide yang dimiliki kepala sekolah tersebut bukannya ide yang dimiliki kepala sekolah saja akan tetetapi juga ide yang dimiliki oleh guru-guru yang lainnya jika memang ide tersebut membawa kebaikan untuk lembaganya selain koordinasi juga ada kometmen yang kuat dari kepala sekolah. b) Untuk menimbulkan motivasi dan inspirasi bagi bawahannya kepala sekolah harus menjadi model atau contoh serta memulainya semua pekerajan atau aktifitas dari diri sendiri. c) untuk memberikan rangsangan stimulus intelektual terdapat beberapa cara yaitu bisa mengikutkan para guru kepelatihan-pelatihan, mengikut sertakan para guru atau siswa ke perlombaan serta bisa mengadakan perlombaan antara guru di lembaga sendiri dan mengikutkan ke MGMP. d) Untuk memberikan perhatian kepada bawahannya kepala adanya tengoran langsung ataupun tidak langsun, tengoran langsungnya berupa bimbingan dari kepala sekolah sendiri maupun dari pengawas, santunan anak yatim yang diambil dari uang saku pribadi, pemberian hadiah atau cendramata(penghargaan) dari kepala kesalah satu guru yang menang dalam lomba. Dan untuk fokus kedua menghasilkan penelitian sebagai berikut; sistem penghambatnya adalah lingkungan masyarakat dan pendanaan, guru dan pihak dalam. Implementasinya adalah pada kedisiplinan, kesopanan dan pada peningkatan pembelajaran dan memperkaya model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 11 Dec 2024 06:48
Last Modified: 11 Dec 2024 06:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7730

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item