Peranan Supervisi Korda dalam meningkatkan Kualitas Guru Al-Quran metode ummi di SDIT Multazam Buddih Pademawu Pamekasan

Hidayawati, Amalia Maulida (2024) Peranan Supervisi Korda dalam meningkatkan Kualitas Guru Al-Quran metode ummi di SDIT Multazam Buddih Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381012006_SAMPUL.pdf

Download (60kB)
[img] Text
20381012006_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
20381012006_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
20381012006_ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
20381012006_DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
20381012006_BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
20381012006_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
20381012006_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
20381012006_BAB IV.pdf

Download (251kB)
[img] Text
20381012006_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
20381012006_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
20381012006_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kata Kunci: Supervisi, Korda, Metode Ummi Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti pada kegiatan pembelajaran metode Ummi di SDIT Multazam, di mana dalam program tersebut ada yang melakukan supervise terhadap kegiatan tersebut. kegiatan ini di lakukan oleh Koordinator Daerah Ummi Pamekasan di mana itu di bentuk oleh Ummi Foundation, sehingga peneliti tertarik terhadap peranan supervsisi korda dalam meningkatkan kualitas guru di SDIT Multazam Buddih Pademawu Pamekasan. Pada penelitian ini ada dua fokus penelitian yang di ambil oleh peneliti yaitu: 1. Bagaimana pelaksanaan supervisi korda di SDIT Al-Multazam Buddih Pademawu Pamekasan dan 2. Bagaimana peranan supervise korda Pamekasan dalam meningkatkan kinerja pengajar Al-Quran metode Ummi di SDIT Al-Multazam Buddih Pademawu Pamekasan? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tenik pengumpulan data di gunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan sumber yang di peroleh yang menjadi informan adalah coordinator guru Al-Quran, Guru Al-Quran Metode Ummi, dan supervisor. Selanjutnya di gunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan, serta validasi data menggunakan tringulasi sumber dan Teknik. Hasil penelitian menunjukkan :1. Pelaksanaan supervise korda dalam meningkatkan kualitas guru Al-Quran metode Ummi di SDIT Multazam Buddih Pademawu Pamekasan meliputi: (a) Melakukan Pengumpulan Data, (b) melakukan penilaian kinerja, (c) melakukan evaluasi, (d) Melakukan pembinaan dan pengembangan kualitas pembelajaran. 2. Peran supervise korda pamekasan dalam meningkatkan kualitas pengajar AL-Quran metode Ummi di SDIT Multazam Buddih Pademawu Pamekasan meliputi : (a) peran supervisor sebagai koordinator, di mana supervisor mampu mengkoordinasi program belajar mengajar. (b) peran supervisor sebagai konsultan, supervisor memberikan bantuan dan bimbingan untuk permasalahan-permasalahan yang ada di Lembaga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Feb 2025 02:43
Last Modified: 07 Feb 2025 02:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7867

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item