Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Multiple Intelligences Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Pada Siswa Kelas XI MA Nurul Ulum Sampang

Ardiyah, Siti Kholifatul (2024) Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Multiple Intelligences Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Pada Siswa Kelas XI MA Nurul Ulum Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_SAMPUL_TBIN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_HALAMAN PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_ABSTRAK_TBIN.docx

Download (14kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_BAB IV_TBIN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Siti Kholifatul Ardiyah_20381072146_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Multiple Intelligences, Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan pada kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas XI MA Nuru Ulum Sampang, khususnya dalam menulis karangan argumentasi masih terlihat ada beberapa permasalahan siswa terlihat kesulitan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru yaitu menulis karangan argumentasi. Sebagai langkah dalam memperbaiki keadaan tersebut di atas, peneliti mencoba menawarkan suatu model pembelajaran yang dipandang sesuai dengan karakteristik dari materi pembelajaran yaitu menulis model pembelajaran multiple intelligences. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MA Nurul Ulum Sampang, Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu 30 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan tekhnik purposive sampling, sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Terdapat beberapa rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Pertama, Adakah hubungan penggunaan model pembelajaran multiple intelligences terahadap kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI MA Nurul Ulum Sampang, Kedua, Seberapa besar hubungan penggunaan model pembelajaran multiple intelligences terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI MA Nurul Ulum Sampang. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diketahui Pertama, bahwa adanya hubungan model pembelajaran multiple intelligences terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI MA Nurul Ulum Sampang, hal tersebut terbukti dengan ditolaknya Ho. Kedua, nilai rata-rata sebelumnya diterapkan model pembelajaran tersebut yaitu 71,39. Sedangkan nilai rata-rata berikutnya dalam kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa dengan nilai 86,94, sehingga nilai tersebut sangat mempengaruhi siswa dalam model pembelajaran multiple intelligences terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI MA Nurul Ulum Sampang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:54
Last Modified: 18 Feb 2025 01:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7966

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item