Stimulasi Kemampuan Membaca Melalui Bermain Label Ikan Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Ihsan Buddagan

Sukmawati, Luluk (2023) Stimulasi Kemampuan Membaca Melalui Bermain Label Ikan Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Ihsan Buddagan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_Sampul.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_Halaman Persetujuan.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_Halaman Pengesahan.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_Abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_Daftar Isi.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_Daftar Rujukan.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Luluk Sukmawati_20170701062034_Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (78kB)

Abstract

Kata Kunci: Bermain, Membaca, Anak Usia dini. Membaca merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh anak untuk mengembangkan kemampuan membaca di kemudian hari. Usia saat seseorang belajar kata-kata adalah kunci untuk memahami bagaimana seseorang mampu membaca dikemudian hari. Membaca merupakan salah satu keterampilan dari aspek bahasa yang termasuk dalam bahasa tulis yang bersifat reseptif. Pengembangan bahasa ada yang bersifat reseptif (dimengerti, diterima) dan ekspresif (dinyatakan). Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu Bagaimana Peningkatan Kemampuan Membaca Oleh Guru Melalui Bermain Label Ikan Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Al-Ihsan Buddagan kedua yaitu Bagaimana hasil dan kendala Peningkatan Kemampuan Membaca Oleh Guru Melalui Bermain Label Ikan Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Al-Ihsan Buddagan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari beberapa informan seperti guru dan siswa, sedangkan untuk pengecekan dan kekuatan pengamatan memalui triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Peningkatan kemampuan membaca anak usia dini umur 4-5 tahun oleh guru, di sekolah TK Al-Ihsan Buddagan, melalui permainan label ikan, bisa meningkatkan kemampuan membaca anak, selain itu anak-anak juga tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai dikarenakan anak-anak bisa bermain sambil belajar. Hasil yang didapat yaitu anak-anak bisa mengenal huruf dengan baik, mengingat huruf dari A sampai Z dengan baik, dan anak-anak juga bisa membaca sebagian kata meskipun tidak dalam bentuk kalimat. Adapun kendalanya yaitu kurangnya kreatifitas guru dalam pembuatan media, membutuhkan waktu yang lama untuk menerapkan permainan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:18
Last Modified: 03 Jul 2025 07:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8317

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item