Rosid, Fathor (2025) Manajemen Edupreneurship Dalam Pembentukan Karakter Kewirausahaan Siswa Di MAN 2 Pamekasan Dan SMK Nurul Musthofa Pegantenan Pamekasan. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
FATHOR ROSID SAMPUL.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Fathor Rosid pengesahan pembimbing.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
Fathor Rosid Pengesahan Penguji.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID KATA PENGANTAR.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID BAB I.docx.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID BAB II.docx.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID BAB III.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID BAB V.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID BAB VI.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
FATHOR ROSID DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
fathor rosid keaslian tulisan.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN FATHOR ROSID.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RIWAYAT HIDUP ROSID.pdf Download (140kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen, Edupreneurship, Karakter kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan merupakan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah sesuai dengan undang-undang yang berlaku tentang keterampilan wirausaha kepada peserta didik. oleh sebab itu, penting agar pendidikan kewirausahan ini ditelusuri lebih lanjut guna mengetahui pembelajaran kewirausahaan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaa di Madrasah Aliyah Negeri dua Pamekasan dan sekolah menengah kejuruan Nurul Mustofa, mengetahu pelaksanaan pembelajaran edupreneurship di Madrasah Aliyah Negeri dua Pamekasan dan sekolah menengah kejuruan Nurul Mustofa, dan mengetahui evaluasi pembelajaran edupreneurship di Madrasah Aliyah Negeri dua Pamekasan dan sekolah menengah kejuruan Nurul Mustofa. Penelitian ini menggunakan pendekekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari kepala sekolah, guru, siswa. Sedangkan sumber data sekunder adalah data pendukung terhadap data utama. Prosedur pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan terpenting, yaitu:1) perencanaan di MAN 2 Pamekasan dilakukan dengan rapat, identifikasi lapangan dan kebutuhan siswa, serta menyiapkan guru pengajar profesional. Sedangkan di SMK Nurul Mustofa perencanaan dilakukan dengan mengadakan rapat, penentuan guru, pembuatan jadwal kegiatan/pembelajaran, serta akan mengadakan pelatihan dan bekerja sama dengan industri. 2) pelaksanaan eduprenurship di MAN 2 Pamekasan dilaksanakan dalam bentuk kelas tata busana dan tata boga yang dilaksanakan pada setiap hari sabtu, mulai dari proses pemberian materi, cara menggunakan alat serta praktek menggunakan alat dan pembuatan produck. Sedangkan di SMK Nurul Mustofa dilakukan dengan sistem pembelajaran materi dan praktek serta pelaksanaan pelatihan dan kerjasama dengan industri. 3) evaluasi pembelajaran tata boga di MAN 2 Pamekasan dinilai dari hasil pembuatan produk, sedangkan evaluasi tata busana dilakukan dari hasil pembelajaran, dan praktek. Sedangkan evaluasi di SMK Nurul Mustofa dilakukan disetiap akhir pembelajaran yakni berupa penilaian tentang pemahaman siswa dan keterampilan dalam mebuat busana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:17 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:17 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8486 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |