Pengaruh Marketing Mix, Brand Image, dan Marketing Comunication Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Produk Tabungan Mudharabah BMT NU Cabang Pragaan

Hasyim, Ibroni (2023) Pengaruh Marketing Mix, Brand Image, dan Marketing Comunication Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Produk Tabungan Mudharabah BMT NU Cabang Pragaan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_Cover_PBS.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_lembar_persetujuan_pembimbin_PBS.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_Abstrak_PBS.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_BAB I_PBS.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_BAB IV_PBS.pdf

Download (582kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Ibroni Hasyim_19383021072_surat_Peryataan_Keaslian_Karya_dan _persetujuan publikasi_PBS.pdf

Download (107kB)

Abstract

Kata Kunci: marketing mix, brand image, marketing comunication, kepuasan nasabah Pemasaran merupakan suatu strategi yang harus dilakukan oleh semua bidang usaha, baik produk ataupun jasa. Hal tersebut juga dilakukan oleh lembaga perbankan terutama pada saat perkembangan teknologi semakin pesat dan banyaknya pesaing. Lembaga keuangan syariah seperti halnya BMT NU Cabang Pragaan harus bisa mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat dan benar. Pemasaran yang diterapkan oleh BMT NU Cabang Pragaan adalah melakukan strategi pemasaran yakni marketing mix, brand image dan marketing comunication sehingga dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Tabungan Mudharabah merupakan produk penghimpunan dana dengan menggunakan akad mudharabah yang dilakukan oleh pemilik modal dan pihak bank sebagai pengeola dana. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix, brand image dan marketing comunication terhadap kepuasan nasabah pada produk tabungan mudharabah BMT NU Cabang Pragaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas yaitu penelitian dengan menggunakan analisis data statistik serta analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pada produk Tabungan Mudharabah BMT NU Cabang Pragaan sebanyak 857 nasabah. Sedangkan untuk penentuan jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 89 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) X1 (Marketing mix) Berpengaruh signifikan karena thitung (diperoleh hasil sebesar 3,962) lebih besar dari ttabel = 1,661 dengan taraf sig. 0,000 < taraf sig. 0,05, 2) X2 (Brand Image) berpengaruh terhadap terhadap kepuasan nasabah pada produk tabungan mudharabah BMT NU Cabang Pragaan, dengan nilai thitung sebesar 2,849 > ttabel = 1,661 dengan taraf sig. 0,005 < taraf sig. 0,05. 3) X3 (Marketing Comunication) berpengaruh terhadap terhadap kepuasan nasabah pada produk tabungan mudharabah BMT NU Cabang Pragaan, dengan nilai t hitung 2,841 > t tabel 1,661 dan nilai sig 0,00 < 0,05. Dan 4) Secara simultan marketing mix, brand image dan marketing comunication berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada produk Tabungan Mudharabah BMT NU Cabang Pragaan, dengan nilai fhitung (15,931) > nilai ftabel (2,70) serta nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan besarnya Adjusted R Square sebesar 0,312 atau 31,2%. Hal ini sebesar 31,2% yang berarti bahwa variabel independen yaitu marketing mix (X1), brand image (X2) dan marketing comunication (X3) mampu mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasan nasabah (Y) sebesar 31,2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:36
Last Modified: 25 Mar 2024 05:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5286

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item