Ningsih, Riska Susilo (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Menggunakan Produk Gadai Emas di Bank Jatim Syariah Capem Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Riska Susilo Ningsih_19383022147_Cover_PBS.pdf Download (52kB) |
|
Text
RISKA SUSILO NINGSIH_19383022147_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_PBS.pdf Download (64kB) |
|
Text
RISKA SUSILO NINGSIH_19383022147_LEMBAR_PENGESAHAN_PB.pdf Download (99kB) |
|
Text
Riska Susilo Ningsih_19383022147_Abstrak_PBS.pdf Download (35kB) |
|
Text
Riska Susilo Ningsih_19383022147_Daftar_Isi_PBS.pdf Download (35kB) |
|
Text
Riska Susilo Ningsih_19383022147_BAB I_PBS.pdf Download (234kB) |
|
Text
Riska Susilo Ningsih_19383022147_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
Riska Susilo Ningsih_19383022147_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
Riska Susilo Ningsih_19383022147_BAB IV_PBS.pdf Download (192kB) |
|
Text
Riska Susilo Ningsih_19383022147_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
Riska Susilo Ningsih_19383022147_Daftar_Pustaka_PBS.pdf Download (93kB) |
|
Text
RISKA SUSILO NINGSIH_19383022147_SURAT_PERNYATAAN KEASLIAN _KARYA_PERSETUJUAN PUBLIKASI_PBS.pdf Download (76kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Gadai Emas Gadai emas adalah produk yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan seorang nasabah. Gadai disini merupakan transaksi utang piutang yang disertai agunan dalam bentuk harta bergerak dari orang yang berutanh (debitur) kepada orang yang memberi utang (kreditur) sebagai jaminan utangnya pada saat jatuh tempo, maka setelah tenggang waktu tertentu, kreditur bisa menjual harta bergerak atau pun tidak yang dijadikan agunan itu dan hasilnya dipakai untuk membayar hutang mereka. Produk gadai emas disini merupakan salah satu produk yang paling diminati oleh nasabah, hampir sebagaian besar nasabahnya menggunakan produk gadai emas tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: pertama bagaimana penerapan strategi pemasaran pada produk gadai emas dalam memikat minat nasabah di bank jatim syariah capem sampang, kedua apa saja faktor pendukung strategi pemasaran produk gadai emas di bank jatim syariah capem sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dengan memperoleh sumber data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdiri dari kepala cabang, penyelia operasional, taksatur gadai, serta nasabah produk gadai emas di bank jatim syariah capem sampang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan minat nasabah menggunakan produk gadai emas di bank jatim syariah capem sampang pertama gadai disini merupakan fasilitas pinjaman yang diberikan berdasarkan kesepakatan dengan menggunakan akad qardh, rahn dan ijaraha, dimana nasabah menyerahkan secara fisik barang berharga berupa emas(baik lantakan maupun perhiasan), selanjutnya nasabah menerima surat gadai sebagai jaminan pengembalian seluruh atau sebagian hutang nasabah kepada bank jatim syariah capem sampang . Strategi pemasaran yang digunakan disini yaitu 7p, akan tetapi hasil wawancara peneliti terhadap pimpinan dan karyawan gadai menegaskan bahwa yang palinh mereka utamakan yaitu pelayanan terhadap nasabah. Juga dari faktor perorangannya. Kedua berbicara perihal faktor pendukung strategi pemasaran disini ditegaskan dari hasil wawancara dengan pimpinan serta karyawan gadai bank jatim syafiah capem sampanh bahwasannya faktor pendukung dari strategi pemasaran tersebut yaitu daru perorangannya. Yang mana karyawan gadai cepat dalam melayani nasabah, karena yanh dibutuhkan nasabah yaitu kecepatan proses.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 08:25 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 08:25 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5457 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |