Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Pengunjung Objek Wisata Spot Pancing Pantai Matahari Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep

Nurlatifa, Nurlatifa (2024) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Pengunjung Objek Wisata Spot Pancing Pantai Matahari Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
NURLATIFA_2038303245_COVER_ES.Pdf.pdf

Download (121kB)
[img] Text
NURLATIFA_20383032145_HALAMAN PERSETUJUAN_ES.pdf

Download (126kB)
[img] Text
NURLATIFA_20383032145_HALAMAN PENGESAHAN_ES.pdf

Download (210kB)
[img] Text
NURLATIFA_20383032145_ABSTRAK_ES.Pdf.pdf

Download (8kB)
[img] Text
NURLATIFA_20383032145_DAFTAR ISI_ES.Pdf.pdf

Download (110kB)
[img] Text
NURLATIFA_2038303215_BAB I_ES.Pdf.pdf

Download (311kB)
[img] Text
NURLATIFA_2038303245_BAB II_ES.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
NURLATIFA_20383032145_BAB III_ES.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
NURLATIFA_20383032145_BAB IV_ES.Pdf.pdf

Download (517kB)
[img] Text
NURLATIFA_20383032145_BAB V_ES.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
NURLATIFA_20383032145_DAFTAR PUSTAKA_ES.Pdf.pdf

Download (178kB)
[img] Text
NURLATIFA_20383032145_SURAT KEASLIAN TULISAN_ES.pdf

Download (224kB)

Abstract

Kata kunci: Media Sosial, Promosi, Pengunjung Saat ini dengan kemajuan teknologi yang terjadi membuat kegiatan bisnis semakin mudah, seperti dalam melakukan promosi. Promosi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan jumlah penjualan, Sama halnya dalam dunia pariwisata yang juga memerlukan promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang, promosi pada saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara salah satunya yaitu dengan menggunakan media sosial sebagai media untuk melakukan promosi. Promosi dengan menggunakan media sosial lebih banyak memberikan kemudahan dan juga keunggulana dalam menarik perhatikan masyarakat yang menjadi target pasar. Wisata Spot Pancing Pantai Matahari dalam melakukan promosi juga turut menggunakan media sosial, media sosial yang digunakan agar menarik pengunjung adalan Instagram. Keberhasilan sebuah perusahaan tergantung pada promosi yang di lakukan, jika promosi dilakukan dengan baik pastinya dapat meningkatkan jumlah penjualan. Maka peranan kegiatan promosi ini sangat penting bagi perusahaan maupun bagi objek wisata. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat dua pembahasan yang menjadi fokus pada penelitian kali ini yaitu: pertama, Bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai promosi dalam upaya meningkatkan pengunjung objek wisata Spot Pancing Pantai Matahari, kedua Bagaimana dampak dari pemanfaatan media sosial sebagai promosi pada objek wisata Spot Pancing Pantai Matahari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala desa, sekretaris desa, pengelola objek wisata dan pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Pemanfaatan media sosial sebagai promosi dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung, diman wisata Spot Pancing Pantai Matahari menggunakan media sosial Instagram sebagai promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan di media sosial tersebut, promosi dengan menggunakan media sosial sebagai Instagram lebih mudah, lebih menghemat biaya yang dikeluarkan, dan lebih memperluas jangkaun pasarnya. Banyak pengunjung yang datang berkunjung ke wisata Spot Pancing Pantai Matahari karena promosi yang dilakukan dengan menggunakan media sosial Instagram, kedua, Dampak pemanfaatan media sosial Instagram sebagai promosi yang dirasakan oleh wisata Spot Pancing Pantai Matahari adalah bertammbahnya pengunjung yang datang berkunjung, dan adanya donasi yang diberikan untuk wisata Spot Pancing Pantai Matahari. Sedangkan untuk dampak negatifnya yaitu adanya kompalin dari pengunjung karena merasa tidak puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:23
Last Modified: 02 Oct 2024 02:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6982

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item