Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Anggota pada Produk Pembiayaan Gadai Syariah di KSPP SYARIAH BMT NU Cabang Pakong

Ijah, Yanti (2020) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Anggota pada Produk Pembiayaan Gadai Syariah di KSPP SYARIAH BMT NU Cabang Pakong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Cover_Perbankan Syariah. pdf.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Halaman Persetujuan_Perbankan Syariah.pdf

Download (540kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Halaman Pengesahan_Perbankan Syariah.pdf

Download (608kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Abstrak_perbankan Syariah. pdf.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Daftar Isi_Perbankan Syariah. pdf.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Bab I_Perbankan Syariah. pdf.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Bab II_Perbankan Syariah. pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Bab III_Perbankan Syariah. pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Bab IV_Perbankan Syariah. pdf.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Bab V_Perbankan Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Daftar Pustaka_Perbankan Syariah. pdf.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Ijah Yanti_20160703020088_Pernyataan Keaslian Tulisan_Perbankan Syariah.pdf

Download (609kB)

Abstract

Kata Kunci : strategi pemasaran, gadai Syariah, KSPP SYARIAH BMT NU Cabang Pakong KSPP SYARIAH BMT NU Cabang Pakong merupakan lembaga keuangan syariah yang salah satu produk unggulannya yaitu produk pembiayaan gadai syaiah. Dengan adanya produk gadai syariah ini diharapkan menjadi alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak dengan menggadaikan barangnya, tentunya untuk bisa menarik minat masyarakat pada produk pembiayaan gadai syariah yaitu dengan strategi pemasaran. berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan minat anggota pada produk pembiayaan gadai syariah dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran dalam meningkatkan minat anggota pada produk pembiayaan gadai syariah di KSPP SYARIAH BMT NU Cabang pakong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan digambarkan secara menyeluruh. Untuk analisisnya menggunakan non statistik. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu sumber data manusia (sumber data primer) dan sumber data non manusia ( sumber data sekunder). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum melakukan strategi pemasaran dalam meningkatkan minat anggota pada produk pembiayaan gadai syariah di KSPP SYARIAH BMT NU Cabang pakong terlebih dahulu melakukan pengamatan pasar yang dilakukan melalui segmentasi pasar yaitu berdasarkan profesi,sifat musiman/jangka panjang, dan wilayahnya, target pasarnya yaitu pedagang dan untuk posisi pasar yaitu harus memposisikan dirinya dengan memperkenalkan produk unggulan. Selanjutkan KSPP SYARIAH BMT NU Cabang pakong menjalankan strategi pemasaran dengan menerapkan 4 variabel di bauran pemasaran ialah pertama produk yaitu dengan meperkenalkan produk unggulan yakni prmbiayaan gadaisyariah,kedua harga yaitu dengan menerapkan sistem syariah,ketiga tempat yaitu dengan memilih tempat yang strategis yang bisa dijangkau anggota baik roda dua maupun empat, dan keempat promosi yaitu dilakukan dengan perorangan, sosialisasi dan dengan cara periklanan seperti brosur, souvenir, dll.Untuk faktor pendukung bagi KSPP SYARIA BMT NU Cabang pakong yaitujasanya lebih murah bagi mitra yang sudah berulang-ulang melakukan transaksi pembiayaan karena bisa melakukan pencairan di rumah, mulai dari proses awal sampai akhir dan faktor penghambat untuk KSPP SYARIAH BMT NU Cabang Pakong itu datang dari anggota itu sendiri yang mengakibatkan lamanya pencairan bagi anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:32
Last Modified: 18 Jul 2024 02:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1068

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item