Khomsiyah, Khomsiyah (2021) Strategi Penetapan Harga Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Matrial Bangunan & Elektronik Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada UD. Aulia Jaya di Pamaroh Kec. Kadur Kab. Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Khomsiyah_20170703032101_Cover_ES.pdf Download (100kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_Lembar_Persetujuan_Pembimbing.pdf Download (222kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_Lembar Pengesahan_Es.pdf Download (319kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_Abstrak_ES.pdf Download (31kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_Daftar_Isi_ES.pdf Download (34kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_BAB I_ES-dikonversi.pdf Download (238kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_BAB II_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_BAB III_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_BAB IV_ES.pdf Download (306kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_BAB V_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_Daftar_Pustaka_ES.pdf Download (187kB) |
|
Text
Khomsiyah_20170703032101_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_ES.pdf Download (310kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penetapan Harga, Konsumen, Ekonomi Islam Permasalahan yang sering muncul dalam usaha adalah penetapan harga jual yang tepat bagi konsumen. Seorang pengusaha perlu mempertimbangkan biaya-biaya dalam produksi dan perubahan yang terjadi dalam kuantitas produksi apabila ingin dapat menetapkan harga secara efektif. Selain itu, penetapan harga juga harus sesuai dengan ekonomi islam, yang mana penetapan harga harus dilakukan secara adil antara konsumen satu dengan yang lainnya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi penetapan harga material bangunan & elektronik pada UD. Aulia Jaya perspektif ekonomi islam. Kedua, bagaimana penetapan harga jual yang diterapkan UD. Aulia Jaya sehingga bisa bersaing dengan para kompetitornya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah pemilik, karyawan, dan pelanggan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Penetapan harga pada UD. Aulia Jaya menggunakan tiga metode yaitu: cost-plus pricing, mark-up pricing, dan perceived value fixing. Kedua, Penetapan harga pada UD. Aulia Jaya ditinjau dari ekonomi islam sudah sesuai, akan tetapi dalam praktek jual beli terjadi penipuan dalam waktu penyerahannya. Hal ini sangat bertentangan dengan etika bisnis islam. Namun konsep harga yang adil dilakukan oleh pihak UD. Aulia Jaya, dan akad yang yang dilakukan sesuai dengan syariat islam. Ketiga, Penetapan harga jual yang diterapkan UD. Aulia Jaya agar mampu bersaing dengan para kompetitornya dengan cara memberikan potongan harga kepada konsumen yang melakukan pembelian dalam jumlah yang besar dan memberikan penghargaan kepada konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 10 May 2021 04:59 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 04:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1410 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |