Sandi, Erico Feri (2021) Penerapan Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Sepeda Motor Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_Cover_PBS (2).pdf Download (20kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS (2).pdf Download (53kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_Lembar_Pengesahan_PBS (2).pdf Download (148kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_Abstrak_PBS.pdf Download (69kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_Daftar_Isi_PBS.pdf Download (68kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_BAB I_PBS.pdf Download (221kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_BAB IV_PBS.pdf Download (280kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_Daftar Pustaka_PBS.pdf Download (137kB) |
|
Text
Erico Feri Sandi_20170703021050_Surat_Pernyataan_Keas;ian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS (2).pdf Download (145kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Sepeda Motor Pada hakikatnya setiap lembaga keuangan syariah memerlukan strategi Pemasaran dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan pangsa pasarnya. Bauran Pemasaran 7P (Product, Price, Promotion, Place, people, process, dan physical evidence) merupakan hal terpenting dalam pemasaran yang bisa menentukan keberhasilan lembaga keuangan syariah dalam memilih pasarnya. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan menerapkan strategi pemasaran yaitu Bauran Pemasaran 7P sebagai startegi pemasaran yang akan diajadikan pedomannya. Salah satu produknya adalah Pembiayaan Sepeda Motor, produk ini adalah suatu pinjaman atau pembiayaan bagi masyarakat yang ingin mempunyai kendaraan pribadi sesuai keinginannya yang tidak bisa membeli secara tunai. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana implementasi marketing mix yang meliputi product, price, promotion, place, people, proses, dan physica levidence produk pembiayaan sepeda motor dalam meningkatkan minat nasabah pada bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan, kedua bagaimana efektivitas implementasi strategi pemasaran product, price, promotion, place, people, proses, dan physica levidence produk pembiayaan sepeda motor dalam meningkatkan minat nasabah pada bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Hasil penelitian berisi kutipan-kutipan dari data yang telah dikumpulkan. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa startegi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan dalam meningkatkan minat nasabah yaitu pertama, Product hal utama dalam melihat produk tersebut akan laku dipasaran atau tidak yaitu dengan cara pihak marketing melakukan identifikasi terhadap produk apa saja yang sedang laku di pangsa pasar. Kedua, Price yaitu hal utama yang dilakukan BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan dalam menetapkan harga dengan cara mengetahui terlebih dahulu harga kendaraan di dealer dan dipasar, setelah itu pihak BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan bisa menentukan kisaran harga jual kepada calon nasabah pembiayaan sepeda motor dan menetapkan margin. Ketiga, Promotionxii yaitu dilakukan dengan cara langsung dan tidak langsung kepada masyarakat sekitar, promotion ini diterapkan agar masyarakat minat terhadap pembiayaan sepeda motor yang ada. Keempat, Place merupakan faktor yang menjadi pertimbangan masyarakat dalam melakukan pembelian. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan berada di tempat yang sangat startegis yaitu di kota Pamekasan dan dekat dengan berbagai instansi yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m73C ?? ?? m_212 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 02:08 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 02:08 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2128 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |