Sudiyanto, Rif’atul Hasanah (2021) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk pembiayaan Qardhul Hasan Di KSPP Syariah BMT NU Ganding Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-Sampul-PBS.pdf Download (59kB) |
|
Text
c. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-Halaman Persetujuan-PBS.pdf Download (98kB) |
|
Text
d. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-Halaman Pengesahan-PBS.pdf Download (93kB) |
|
Text
e. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-Abstrak-PBS.pdf Download (81kB) |
|
Text
f. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-Daftar Isi-PBS.pdf Download (61kB) |
|
Text
g. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-BAB I-PBS.pdf Download (171kB) |
|
Text
h. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-BAB II-PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
i. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-BAB III-PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
j. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-BAB IV-PBS.pdf Download (447kB) |
|
Text
k. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-BAB V-PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
l. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-Daftar Pustaka-PBS.pdf Download (81kB) |
|
Text
b. Rif’atul Hasanah Sudiyanto-20170703022178-Pernyataan Keaslian Tulisan-PBS.pdf Download (48kB) |
Abstract
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Produk Pembiayaan Qardhul Hasan Dalam meningkatkan jumlah anggota, lembaga keuangan tidak lepas dari yang namanya strategi pemasaran. Salah satunya dengan mengandalkan salah satu produk yang dominan paling diminati oleh anggota dan mampu mewujudkan harapan lembaga terkait peningkatan jumlah anggota. Hal ini tentunya harus berbeda dengan strategi pemasaran lembaga keuangan lain yang berada disekitarnya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk pembiayaan qardhul hasan, kedua apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh BMT dalam memasarkan produknya dan bagaimana mengatasi kendala tersebut, ketiga bagaimana teknik mitigasi risiko kredit pada pembiayaan qardhul hasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala cabang BMT NU Ganding Sumenep, bagian pembiayaan, serta nasabah pembiayaan qardhul hasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT NU Ganding Sumenep dalam meningkatkan jumlah anggota yaitu memanfaatkan anggota yang sudah bergabung untuk mencari link atau arahan mendapatkan anggota lebih banyak, bekerja sama dengan devisi tabungan untuk mempromosikan prduk, dan yang terakhir yaitu berbondongbondong terjun langsung kepada masyarakat dengan target yaitu perkumpulan orang-orang seperti muslimatan, lembaga, serta daerah pedesaan. Kedua kendala yang dihadapi oleh BMT NU Ganding Sumenep yaitu banyaknya saingan dari lembaga lain yang saat ini di Ganding itu sendiri semakin banyak lembaga keuangan baru. Cara mengatasi kendala tersebut yaitu dengan memunculkan strategi pemasaran yang tidak dimiliki oleh lembaga keuangan lainnya salah satu yang membedakan yaitu pinjaman berbasis kelompok dengan akad qardhul hasan. Ketiga upaya mengatasi risiko kredit yaitu memahami karakter mitra pembiayaan qardhul hasan itu sendiri terlebih dahulu, siapa orang-orang yang disegani oleh mitra tersebut, menganjurkan untuk setiap mitra pembiayaan qardhul hasan agar menabung setiap hari dengan cara devisi tabungan dari BMT NU menjemput ke rumah anggota masing-masing. Hal ini dilakukan agar apabila anggota tidak membayar atau lari dari tanggung jawab, maka hasil tabungannya yang akan digunakan untuk membayar pembiayaan yang dilakukannya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m73C ?? ?? m_212 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:38 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:38 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2433 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |