Implementasi Aksioma Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Jual Beli Daging Sapi Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar 17 Agustus Pamekasan)

Syarifuddin, Ahmad (2021) Implementasi Aksioma Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Jual Beli Daging Sapi Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar 17 Agustus Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_Cover_Ekonomi Syariah.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_Surat persetujuan pembimbing_Ekonomi Syariah.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_Surat Pengesahan_Ekonomi Syariah.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_Abstrak_Ekonomi Syariah.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_Daftar Isi_Ekonomi Syariah.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_BAB I_Ekonomi Syariah.pdf

Download (569kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_BAB II_Ekonomi Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_BAB III_Ekonomi Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_BAB IV_Ekonomi Syariah.pdf

Download (641kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_BAB V_Ekonomi Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_Daftar Pustaka_Ekonomi Syariah.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Ahmad Syarifuddin_20170703031016_Surat Pernyataan Keaslian Penulis_Ekonomi Syariah.pdf

Download (274kB)

Abstract

Kata kunci: Aksioma, Etika Bisnis Islam, Pelayanan, Jual Beli, Daging Sapi, Pasar Tradisional Aksioma adalah suatu pernyataan yang diterima sebagai kebenaran dan bersifat umum tanpa memerlukan pembuktian. Aksioma berfungsi sebagai premis atau titik awal untuk alasan dan argumen lanjut. Etika bisnis dalam Islam adalah sejumlah perilaku etis bisnis (akhlaq al Islamiyah) yang dibungkus dengan nilai-nilai syariah yang mengedepankan halal dan haram. Terdapat beberapa prinsip etika bisnis Islam yang merupakan aksioma-aksioma etika yang meliputi tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, ihsan dan tanggung jawab. Berdasarkan lima aksioma etik ini, maka sudah seharusnya seluruh kegiatan, proses bahkan sistem pada suatu perusahaan bisnis mengacu kepadanya agar sesuai dengan etika bisnis Islam agar perusahaan tersebut bisa terminimalisir dari kegiatan-kegiatan yang tidak diperbolehkan atau bertentangan dengan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aksioma etika bisnis Islam dalam pelayanan jual beli daging sapi di Pasar 17 Agustus Pamekasan dan dampak dari penerapan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu beberapa penjual daging sapi dan pelanggan di pasar 17 Agustus Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjual daging sapi di Pasar 17 Agustus Pamekasan dalam pelayanan jual beli telah menerapkan aksioma etika bisnis Islam seperti unity (persatuan), equilibrium (keseimbangan), free will (kebebasan), responsibility (tanggung jawab) dan benevolence (kebaikan/ihsan). Oleh karena itu, para pelanggan merasa sangat antusias dan merasa lebih percaya untuk berbelanja di Pasar 17 Agustus Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_172 ??
?? m_197 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:35
Last Modified: 17 Jul 2023 04:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3122

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item