Rahayu, Anggraini Putri (2022) Pelaksanaan Hidden Curriculum dalam Membentuk Budaya Religius di SMAN 1 Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Cover Tesis.pdf Download (356kB) |
|
Text
persetujuan pembimbing.pdf Download (201kB) |
|
Text
dewan penguji.pdf Download (256kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (14kB) |
|
Text
Abstrak Tesis.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (432kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (246kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (374kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (302kB) |
|
Text
keaslian tulisan.pdf Download (266kB) |
Abstract
Kata kunci: hidden curriculum, membentuk budaya religius Hidden Curriculum adalah salah satu upaya yang sering diabaikan dalam membentuk budaya religius di sekolah. Padahal Hidden Curriculum memiliki memiliki andil besar dalam menentukan keberhasilan dari setiap peserta didik dalam membentuk budaya religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi hidden curriculum dalam membentuk budaya religius di SMAN 1 Pamekasan dengan fokus: (1) strategi pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk budaya religius di SMA Negeri 1 Pamekasan. (2) bentuk dari pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk budaya religius di SMA Negeri 1 Pamekasan. (3) faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk budaya religius di SMA Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi untuk mendeskripsikan fenomena yang sedang dan akan diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik kepercayaan, keteralihan, ketergantugan dan kepastian. Sedangkan pengujian terhadap krediblitas dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber, metode dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi yang digunakan dalam pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk budaya religius di SMA Negeri 1 Pamekasan ialah merumuskan visi dan misi sekolah, melaksanakan kegiatan rapat bersama guru dan karyawan sekolah, dan melakukan kerjasama dalam setiap kegiatan sekolah. (2) bentuk dari pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk budaya religius di SMA Negeri 1 Pamekasan ialah memberikan keteladanan, menerapkan pembiasaan, kegiatan infaq, melaksanakan shalat dzuhur berjemaah, kegiatan pengajian rutin, melaksanakan perayaan hari besar Islam, kegiatan pondok ramadhan, budaya hidup bersih, tertib, dan disiplin. (3) faktor pendukung dari pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk budaya religius di SMA Negeri 1 Pamekasan ialah faktor lingkungan keluarga yang mendukung terhadap pembelajaran di sekolah, lingkungan sekolah yang religius, dan minat, motivasi kuat, serta semangat yang tinggi dari dalam diri peserta didik. Sedangkan untuk faktor penghambatnya dari pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk budaya religius di SMA Negeri 1 Pamekasan ialah lingkungan keluarga yang tidak harmonis, lingkungan sekitar dan teman sepergaulan atau teman sebaya di luar lingkungan sekolah, dan peserta didik sendiri yang nakal/bandel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 02:18 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 02:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7783 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |