Adawiyah, Robiatul (2022) Etika Belajar Perspektif Syaikh Badrudin Muhammad Bin Ibrahim Al-Kinani Dalam Kitab Tadzkirah Al-Sami’wal Mutakallim Fi Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 Robiatul Adawiyah Cover PAI.pdf Download (62kB) |
|
Text
3 Robiatul Adawiyah_Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf Download (139kB) |
|
Text
4 Robiatul Adwiyah_Pengesahan Dewan Penguji.pdf Download (177kB) |
|
Text
6 Robiatul Adawiyah_Daftar Isi_PAI.pdf Download (92kB) |
|
Text
5 Robiatul Adawiyah_Abstrak_PAI.pdf Download (143kB) |
|
Text
7 Robiatul Adawiyah_BAB I_PAI.doc.pdf Download (255kB) |
|
Text
8 Robiatul Adawiyah_BAB II_PAI.pdf Download (205kB) |
|
Text
9 Robiatul Adawiyah_BAB III_PAI.pdf Download (491kB) |
|
Text
10 Robiatul Adawiyah_BAB IV_PAI.pdf Download (268kB) |
|
Text
11 Robiatul Adawiyah_BAB V_PAI.pdf Download (158kB) |
|
Text
12 Robiatul Adawiyah_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (144kB) |
|
Text
2 Robiatul Adawiyah_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf Download (161kB) |
Abstract
Kata Kunci: Etika Belajar, Syaikh Badruddin. Etika merupakan pedoman atau ukuran bagi tatanan tingkah laku yang berlandaskan pada sistem tata nilai yang berlaku di masyarakat tertentu. Tatanan nilai itulah yang memberikan petunjuk atau arahan pada manusia cara berprilaku baik dan menjauhkan diri dari perbuatan yang buruk. Namun saat ini etika sudah mengalami pemerosotan yang sangat signifikan khususnya dalam dunia pendidikan, pelajar sudah mulai tidak meggunakan etika lagi, dan bahkan tidak pernah menerapkannya dalam kehidupan. Untuk itu penulis tertarik mengkaji kitab tadzkirah al-sami’ wal mutakallim fi adab al-alim wa al-muta’allim karangan Syaikh Badruddin Muhammad Bin Ibrahim Al-kinani sebagai bentuk jawaban dari permasalahan di atas. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana konsep etika belajar perspektif Syaikh Badruddin Muhammad Bin Ibrahim Al-Kinani dalam kitab Tadzkirah Al-Sami’ Wal Mutakallim Fi Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim 2) Bagaimanakah relevansi etika belajar perspektif Syaikh Badruddin Muhammad Bin Ibrahim Al-Kinani dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Dengan demikian, laporan penelitian ini akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran laporan tersebut. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep etika yang digagas oleh Syaikh Badruudin di dalam kitab ini adalah konsep etika belajar terhadap dirinya, gurunya, pelajaran halaqah serta temannya 2) Relevansi terhadap Kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) melalui materi pelajaran, pendekatan pembelajaran serta lingkungan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 03:46 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 03:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7846 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |