ROKIB, MOH. (2025) Internalisasi nilai moderasi beragama dalam membentuk toleransi siswa di Sekolah Dasar Katolik Santo Redemptus dan Sekolah Dasar Negeri Lawangan Daya II Pamekasan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Madura.
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_COVER_PAI.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_HALAMAN_PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_HALAMAN_PENGESAHAN_PAI.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_BAGIAN AWAL_PAI.pdf Download (785kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_DAFTAR_ISI_PAI.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_ABSTRAK_PAI.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_BAB I_PAI.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_BAB II_PAI.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_BAB III_PAI.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_BAB IV_PAI.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_BAB V_PAI.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_BAB VI_PAI.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_PERNYATAAN_KEASLIAN_PAI.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_LAMPIRAN-LAMPIRAN_PAI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
MOH ROKIB_23380011026_RIWAYAT HIDUP_PAI.pdf Download (53kB) |
Abstract
Kata kunci: Bentuk Internalisasi, Nilai Moderasi Beragama, Toleransi Internalisasi nilai moderasi beragama adalah proses penghayatan atau penanaman nilai moderasi beragama dalam diri individu atau kelompok. bentuk ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan perilaku yang mencerminkan sikap toleransi, keseimbangan, keadilan, dan penghormatan terhadap keberagaman. Fokus penelitian: 1) Bagaimana proses internalisasi nilai moderasi beragama dalam membentuk toleransi siswa di Sekolah Dasar Katolik Santo Redemptus dan Sekolah Dasar Negeri Lawangan Daya II Pamekasan? 2) bagaimana implikasi nilai moderasi beragama dalam membentuk toleransi siswa di Sekolah Dasar Katolik Santo Redemptus dan Sekolah Dasar Negeri Lawangan Daya II Pamekasan? Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan rancangan multi situs. Lokasi penelitian di pilih Sekolah Dasar Katolik Santo Redemptus dan Sekolah Dasar Negeri Lawangan Daya II Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur: kepala sekolah, guru BK, guru kelas dan peserta didik . observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap: kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan data melalui uji kredebelitas, transferabilitas, dependabilitas dan obyektivitas. Hasil penelitian yang pertama ialah proses internalisasi nilai moderasi beragama dalam membetuk toleransi siswa: Sekolah Dasar Katolik Santo Redemptus dan Sekolah Dasar Negeri Lawangan Daya II Pamekasan dilakukan melalui pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, pelestarian budaya lokal, serta pembelajaran luar kelas (khusus di SD Katolik), dengan tahapan transformasi, transaksi, dan transinternalisasi nilai. Guru mengintegrasikan nilai moderasi seperti tawassuth, i’tidal, tasamuh, dan muwathanah melalui pelajaran PKn dan agama, serta mendorong semangat musyawarah dan penghargaan terhadap perbedaan. Kegiatan seperti upacara, pramuka gabungan, misa, dan birontal memperkuat kebersamaan lintas agama, sedangkan penggunaan pakaian adat Madura dan kunjungan ke tempat ibadah menanamkan kebanggaan budaya dan pemahaman lintas keyakinan dapat membentuk sikap toleransi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kedua ialah Implikasi nilai moderasi beragama dalam membentuk toleransi siswa: Sekolah Dasar Katolik Santo Redemptus dan Sekolah Dasar Negeri Lawangan Daya II Pamekasan tercermin dalam pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, dan pelestarian budaya lokal. Kegiatan tersebut menanamkan sikap saling menghargai, membangun karakter inklusif, serta memperkuat toleransi dan harmoni. Secara khusus, Sekolah Dasar Katolik Santo Redemptus juga menerapkan pembelajaran luar kelas untuk memperdalam pemahaman tentang keberagaman dan sikap saling menghormati. xx A
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:00 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8279 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |