Penggunaan APE Magnetik Alfabet dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU VI Pamekasan

Setiawati, Anggi (2025) Penggunaan APE Magnetik Alfabet dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU VI Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_SAMPUL.pdf

Download (543kB)
[img] Text
21381062003_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (521kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_ABSTRAK.pdf

Download (597kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_DAFTAR ISI.pdf

Download (557kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_BAB I.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_BAB IV.pdf

Download (831kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (542kB)
[img] Text
Anggi Setiawati_21381062003_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (319kB)

Abstract

Kata Kunci: APE Magnetik Alfabet, Membaca Permulaan, Autism Spectrum Disorder, Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Magnetik Alfabet dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Autism Spectrum Disorder (ASD) usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU VI Pamekasan. Anak dengan ASD sering mengalami hambatan dalam keterampilan komunikasi dan membaca, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang menarik dan efektif. APE Magnetik Alfabet digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang merangsang minat belajar anak melalui pendekatan visual dan sensorik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan APE Magnetik Alfabet secara signifikan membantu anak-anak ASD dalam mengenal huruf, menyusun kata, serta meningkatkan fokus dan keterampilan membaca permulaan. Faktor pendukung dalam penerapan metode ini meliputi daya tarik visual dari media magnetik, keterlibatan aktif guru, serta lingkungan belajar yang mendukung. Namun, terdapat juga faktor penghambat, seperti keterbatasan alat dan perbedaan tingkat pemahaman setiap anak. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa APE Magnetik Alfabet dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak ASD, terutama jika didukung oleh metode pengajaran yang tepat dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:41
Last Modified: 03 Jul 2025 08:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8350

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item