Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menjaga Brand Awareness (Studi Deskriptif Kualitatif pada Air Mineral Bariklana di Koperasi Pondok Pesantren Al-Amin Prenduan, Sumenep)

Fitriyah, Hariratul (2021) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menjaga Brand Awareness (Studi Deskriptif Kualitatif pada Air Mineral Bariklana di Koperasi Pondok Pesantren Al-Amin Prenduan, Sumenep). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_COVER 2_KPI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_Halaman Persetujuan_KPI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_Halaman Pengesahan_KPI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_Abstrak_KPI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_Daftar Isi_KPI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_BAB I_KPI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_BAB II_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_BAB III_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_BAB IV_KPI.pdf

Download (505kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_BAB V_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_Daftar Pustaka_KPI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Hariratul Fitriyah_20170702062020_Pernyataan Keaslian Tulisan_KPI.pdf

Download (249kB)

Abstract

Kata kunci: Brand Awareness, Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi pemasaran sudah sering digunakan oleh perusahaan untuk mempertahankan produknya dalam banyaknya persaingan produk yang serupa, maka dari itu perlu melakukan penelitian untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh air mineral Bariklana yang dikelola oleh koperasi pondok pesantren Al-Amin dalam menjaga kesadaran konsumen terhadap merek air Bariklana. Ada 2 permasalahan dalam fokus penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi komunikasi pemasaran air mineral Bariklana dalam menjaga Brand awareness?. Kedua, bagaimana kesadaran konsumen terhadap brand awareness air mineral Bariklana?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah direktur, marketing, admin, kepala bagian gudang dan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi komunikasi pemasaran yang digunakan air Bariklana dalam menjaga brand awareness yaitu bauran pemasaran dan bauran promosi. Dalam bauran pemasaran terdapat: 1) Produk, yaitu produk berupa air mineral untuk memenuhi kebutuhan santri dan masyarakat di lingkungan pesantren. 2) Harga, yaitu harga bahan pokok ditentukan terlebih dahulu kemudian mengambil keuntungan. 3) Tempat, yaitu air Bariklana terletak di pondok Al-Amin II (barat), Sumenep dan sudah didistribusikan paling banyak di Kabupaten Sumenep, sebagian di Kabupaten Pamekasan, Sampang, Bangkalan dan Surabaya. Bauran Promosi yang digunakan adalah: 1) Periklanan, menggunakan Banner dan memasang Iklan pada Rasda (Radio Suara Dakwah Al-Amin). 2) Penjualan personal, yaitu mengikuti pameran OPOP (One Pesantren One Produk) di Jawa Timur dan ketika ada pelanggan baru, dan para alumni pesantren Al-Amin. Penjualan personal ini merupakan strategi yang paling banyak berkontribusi dalam strategi pemasaran, Karena memanfaatkan para alumni pesantren, termasuk IKBAL (ikatan keluarga besar alumni Al-Amin) yang ikut mendistribusikan air Bariklana. 3) Pemasaran langsung, yaitu menghubungi pelanggan melalui telepon untuk mendapatkan respon segera. 4) Promosi penjualan yang digunakan yaitu memberi bonus dan potongan harga. Kedua, kesadaran konsumen terhadap brand awareness air mineral Bariklana terdapat dua tahapan: 1) Top Of Mind (puncak pikiran) yaitu konsumen selalu mengingat dan memilih air Bariklana saat memiliki kebutuhan air mineral. 2) Brand Recall (pengingatan kembali merek) yaitu konsumen mengetahui terhadap merek tanpa perlu mengingat kembali, namun konsumen tidak selalu memilih air mineral Bariklana saat memiliki kebutuhan air mineral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_170 ??
?? m_191 ??
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:21
Last Modified: 07 Jan 2022 02:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2114

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item