Salila, Salila (2021) Implementasi Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (224kB) |
|
Text
HALAMAN PERETUJUAN.pdf Download (153kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (169kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (427kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (485kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (156kB) |
|
Text
LAMPIRAN_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (96kB) |
Abstract
Kata Kunci: Total Quality Management, mutu pendidikan. Prodi PAI merupakan salah satu Prodi yang akreditasinya unggul (A) dan peminatnya cukup banyak antara tahun ke tahun. Jadi ini cukup dikatakan bermutu/berkualitas, karena semakin banyak persaingan lembaga pendidikan jangankan dari luar dari dalam pun sudah banyak prodi antara satu sama lainnya yang nantinya akan menjadi sorotan tertentu sehingga butuh peningkatan secara terus-menerus agar kualitasnya lebih baik lagi kedepannya. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana tingkat keberhasilan penerapan total quality management dalam meningkatkan mutu pendidikan di Prodi PAI fakultas tarbiyah IAIN Madura. Kedua, apa saja faktor penghambat dalam penerapan total quality management dalam meningkatkan mutu pendidikan di Prodi PAI fakultas tarbiyah IAIN Madura. Ketiga, apa saja faktor pendukung dalam penerapan total quality management dalam meningkatkan mutu pendidikan di Prodi PAI fakultas tarbiyah IAIN Madura. Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan data secara deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara terstruktur, dan tidak terstruktur, observasi non-participant dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari Kaprodi, sekretaris prodi, dosen dan mahasiswa. Teknik analisis data ialah kondensasi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi data. Sementara teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: Pertama, tingkat keberhasilan penerapan total quality management di Prodi PAI dapat diukur dari kepuasan pelanggan baik secara internal maupun eksternal yakni mahasiswa di Prodi PAI sudah merasa terhadap layanan yang diberikan baik dari pihak prodi baik dari segi pelayanan akademik maupun non akademik. Kedua, faktor penghambat dalam penerapan total quality management di Prodi PAI diantaranya: dari faktor SDM yang terkadang belum sepemahaman, terkadang kebijakan mutu tidak mendukung dan biaya. Ketiga, faktor pendukung dalam penerapan total quality management di Prodi PAI diantaranya: adanya dukungan penuh dari pihak pimpinan mengenai perkembangan prodi, adanya komitmen bersama baik dari pihak prodi, dosen dan mahasiswa, adanya kerja sama tim dalam meningkatkan mutu pendidikan di prodi PAI serta keterlibatan mahasiswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Prodi PAI seperti prestasi yang pernah di raih, jumlah mahasiswa, peningkatan mahasiswa setiap tahunnya dan karya tulis mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71H ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:24 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1577 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |