Analisis Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Pada UD. Tunas Madura Perspektif Ekonomi Islam

Rozi, Fahrur (2021) Analisis Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Pada UD. Tunas Madura Perspektif Ekonomi Islam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_Cover_ES.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_Abstrak_ES.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_BAB I_ES.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_BAB IV_ES.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Fahrur Rozi_20170703031062_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_ES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Diversifikasi Produk, Pangsa Pasar, Perspektif Ekonomi Islam, UD. Tunas Madura. Penelitian ini di latar belakangi dengan semakin berkembangnya sektor produksi di UD. Tunas Madura di harapkan bisa bersaing salah satunya yaitu dengan menerapkan strategi diversifikasi produk, yang merupakan suatu upaya yang dilakukan suatu organisasi atau perusahaan dalam usaha memasarkan atau memproduksi beberapa produk sejenis atau produk yang belum ada sebelumnya yang bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar yang sesuai dengan syariah Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di UD. Tunas Madura yang ada di Dusun Daleman, Desa Kadur kabupaten Pamekasan Jawa Timur. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh (1 ) Jenis strategi diversifikiasi produk yang digunakan oleh UD. Tunas Madura yaitu strategi diversifikasi horizontal, yaitu suatu strategi dimana perusahaan melakukan penambahan produk baru yang tidak saling berkaitan dengan produk yang sudah ada akan tetapi untuk tujuan pangsa pasar tetap sama.; (2) Dampak positif yang ditimbulkan strategi diversifikasi produk yaitu peningkatan kualitas sumberdaya manusia serta penyerapan tenaga kerja. Sedangkan dampak negatif yang diakibatkan yaitu dampak lingkungan seperti polusi suara.; (3) Kendala internal yang ditemui yaitu ketersediaan bahan baku yang terkadang sulit didapat dan terkadang mahal. Sedangkan kendala eksternal yang ditemui terdapat pada segi penawaran, yaitu penawaran yang terkadang naik dan turun. Sehingga mengakibatkan jumlah produksi yang berfluktuasi; (4) Pangsa pasar merupakan fokus utama dalam penerapan strategi diversifikasi produk di UD. Tunas Madura, sehingga perusahaan selalu megutamakan keberkahan dan kepuasan konsumen dalam semua proses pemasarannya sesuai dengan ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m73C ??
?? m_029 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:57
Last Modified: 11 Apr 2022 01:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2673

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item