Sari, Kavita (2021) Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning pada Produk Sajadah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Kavita Sari_20170703022100_ Cover_PBS.pdf Download (128kB) |
|
Text
c. Kavita Sari_20170703022100_Lembar Pernyataan persetujuan_PBS.pdf Download (163kB) |
|
Text
d. Kavita Sari_20170703022100_Lembar Pengesaha_PBS.pdf Download (241kB) |
|
Text
e.Kavita Sari_20170703022100_Abstrak_PBS.pdf Download (267kB) |
|
Text
f. Kavita Sari_20170703022100_Daftar Isi_PBS.pdf Download (90kB) |
|
Text
g. Kavita Sari_20170703022100_BAB I_PBS.pdf Download (345kB) |
|
Text
h. Kavita Sari_20170703022100_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
|
Text
i. Kavita Sari_20170703022100_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
j. Kavita Sari_2017070302100_BAB IV_PBS.pdf Download (439kB) |
|
Text
k. Kavita Sari_20170703022100_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
l. Kavita Sari_20170703022100_Daftar Pustaka_PBS.pdf Download (295kB) |
|
Text
b. Kavita Sari_20170703022100_Pernyataan keaslian Tulisan_PBS.pdf Download (245kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi segmenting, targeting dan positioning. Produk sajadah, Jumlah nasabah. Strategi adalah rencana jangka pendek maupun jangka panjang tentang bagaimana perusahaan akan mencapai misinya, BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan memiliki berbagai macam produk simpanan yang salah satunya adalah produk Sajadah. Dengan adanya produk Sajadah, maka diperlukan sebuah strategi khusus agar bisa meningkatkan jumlah nasabah, salah satunya dengan strategi segmenting, targeting dan positioning. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui tentang strategi segmenting, targeting dan positioning pada produk sajadah di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan. Kedua, mengetahui bagaimana analisis SWOT atas strategi STP pada produk sajadah di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, Penelitian ini melibatkan Kepala Cabang, Bagian tabungan dan juga anggota BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan. Dengan tekhnik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi dan wawancara. Alasan saya memilih judul diatas dikarenakan produk Sajadah yang ada di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan dengan keunikannya yang memperoleh hadiah diawal tanpa diundi apapun cukup menarik untuk diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi yang digunakan oleh BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan menggunakan 3 strategi sebagai berikut: a) Segmentasi pasar produk sajadah yang dilakukan oleh BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan menggunakan 3 variabel yaitu geografik, demografi, dan tingkah laku. b) Untuk targeting menggunakan pola spesialisasi pasar. c) Positioning dengan cara mengatasnamakan koperasi syariah yang sesuai dengan syariah islam. Kedua, berdasarkan analisis SWOT pada strategi segmenting, targeting dan positioning pada produk sajadah dapat diketahui: a) Kekuatan dari startegi STP produk sajadah di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan yaitu terletak di Brand Image dan hadiah yang menarik di awal pembukaan tabungan. b) Kelemahan yaitu terdapat pada peraturan yang membatasi jumlah tabungan serta tidak dapat ditarik sebelum jatuh tempo. c) Peluang yaitu banyaknya kalangan menengah kebawah maupun kalangan menengah keatas yang meninginkan hadiah. d) Ancaman dalam melakukan strategi STP produk sajadah di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan yaitu disebabkan karena adanya pesaing yang terlebih dahulu menawarkan produk yang hampir sama dengan sajadah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m73C ?? ?? m_212 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 07:42 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 07:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2752 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |